Velix ID - Penjelasan Mendalam Tentang Velix ID

Apa itu Velix ID ?

Velix.ID (VXD) adalah layanan verifikasi identitas yang dibangun di atas blockchain. Pengguna memverifikasi identitas mereka melalui aplikasi seluler Velix.ID - misalnya, dengan memindai sidik jari mereka. Velix.ID dapat digunakan untuk memberi otorisasi permintaan atau bertindak sebagai tahap kedua dari sistem autentikasi dua faktor.

Ekosistem Velix.ID berkisar seputar penggunaan token VXD, yang dijual dengan harga $ 1 USD masing-masing mulai 1 Januari 2018 dan seterusnya. Sistem ini diharapkan bisa siap untuk umum, rilis global pada bulan Oktober 2018.

Apa Sih Masalah Yang Ingin Diselesaikan Oleh Velix ID ?

Jelas, masalah utama yang dicari Velix.ID adalah masalah pencurian identitas. Hari ini, terlalu mudah mencuri dan menyalahgunakan identitas seseorang. Jika Anda memiliki kata sandi dan nama pengguna seseorang, Anda mungkin bisa masuk ke sebagian besar akun mereka, misalnya.

Pelanggaran privasi juga menjadi perhatian. Saat ini, layanan gratis mampu menawarkan layanan gratis karena mereka menjual informasi pengguna ke perusahaan periklanan. Informasi pribadi melayang di internet. Setiap foto yang Anda upload ke media sosial tidak lagi dimiliki oleh Anda.

Tim Velix.ID melihat adanya masalah dengan sistem verifikasi modern. Dalam sistem sekarang ini, verifikasi identitas banyak merepotkan. Pengguna diharuskan menyerahkan ID mereka di setiap titik.

ID ini biasanya adalah paspor resmi pemerintah, surat izin mengemudi, SSN, dll. ID tersebut diserahkan ke organisasi yang meminta verifikasi, dan kemudian organisasi tersebut perlu memverifikasi ID itu asli. Kedua proses ini menghasilkan kerugian finansial bagi pengguna dan organisasi. Ini adalah sistem yang tidak efisien dan tidak aman.

Berikut ini merupakan beberapa masalah yang ingin diselesaikan oleh Velix ID :
  • Kerugian finansial yang tidak beralasan bagi pengguna dan pihak yang melakukan verifikasi
  • Kehilangan waktu selama proses verifikasi
  • Kurangnya kepemilikan atas data
  • Korupsi atau salah urus dalam penanganan data
  • Kemungkinan penipuan identitas
  • Layanan verifikasi data modern menyimpan data pribadi dalam bentuk siled, struktur terpusat yang merupakan sasaran hacking yang sangat besar

Lalu, Gimana Sih Cara Kerja Velix ID ?

Bagaimana Velix ID berencana memecahkan masalah yang tercantum di atas? Velix ID bertujuan untuk menciptakan ekosistem bagi semua pemangku kepentingan di industri IDV. Platform itu akan menawarkan kontrak pintar blockchain terbuka, aman, andal, dan terpercaya yang bisa menjadi dasar kerangka kepercayaan. Semua pemangku kepentingan - termasuk pemegang identitas, penyedia identitas terverifikasi, dan pencari identitas terverifikasi - dapat berlangganan ke platform ini.

Begini bagaimana masing-masing dari ketiga pihak akan berinteraksi dengan platform Velix.ID:

1. Pemegang Identitas:
Semua orang di dunia mengklasifikasikan sebagai pemegang identitas di ekosistem Velix.ID. Semua pemegang identitas pada platform Velix.ID memiliki nomor yang semua data mereka akan dikaitkan. Setiap individu dapat menggunakan Velix.ID untuk verifikasi identitas mereka.

2. Verified Identity Seekers:
Ini adalah organisasi yang membutuhkan identitas terverifikasi seseorang, namun tidak ingin menginvestasikan waktu dan uang untuk memverifikasi identitas diri mereka sendiri. Orang-orang ini dapat menggunakan ekosistem Velix.ID sebagai Verified Identity Seeker.

Jika identitas seseorang telah diverifikasi oleh sebuah organisasi, maka prosesnya tidak harus diulang oleh organisasi lain untuk memverifikasi identitas yang sama lagi. Otorisasi dan persetujuan dari pengguna diperlukan agar pertukaran ini terjadi.

3. Penyedia Identitas Terverifikasi:
Ini adalah institusi dan bisnis yang memverifikasi informasi terkait identitas untuk perorangan dan bisnis. Ini bisa berupa organisasi pendidikan, organisasi pemerintah, bank, perusahaan multinasional, dan jenis usaha lainnya.

Ekosistem Velix.ID akan memiliki tingkat informasi identitas pribadi yang berbeda, atau PII. Jumlah PII yang Anda diminta untuk mengungkapkan untuk memesan pizza, misalnya, bukanlah jumlah PII yang sama yang harus Anda ungkapkan saat mengklaim pensiun karyawan Anda.

Ekosistem pada Velix.ID dipisahkan menjadi tingkatan berikut:

Tingkat 0:
Untuk pengiriman makanan, pendaftaran online, reservasi restoran, akses pengunjung, pelunasan poin loyalitas, dan lainnya.

Tingkat 1:
Untuk checkout e-commerce, pemesanan penerbangan, tiket masuk bar dan kelab malam, layanan penyewaan, transaksi P2P, pemesanan hotel, dan lainnya.

Tingkat 2:
Untuk check-in hotel, check-in bandara, KYC untuk akun perdagangan, KYC untuk ICO, koneksi utilitas, dan pendaftaran siswa.

Tingkat 3:
Informasi karyawan, akses kantor dan properti, klaim asuransi dan kesehatan, catatan medis, visa perjalanan, aplikasi pinjaman dan hipotek, aplikasi rekening bank, dan lainnya.

Semua operasi pada blokir Velix.ID dijalankan dengan memanggil fungsi pada kontrak cerdas. Kontrak pintar pelaksana sendiri ini dapat memberlakukan kewajiban dari suatu kesepakatan tertentu. The Velix.ID whitepaper menggambarkan kontrak pintar mengeksekusi diri mereka sendiri sebagai "agen otomatis yang tinggal di jaringan Velix.ID, memiliki alamat dan saldo Velix.ID, dan dapat mengirim dan menerima transaksi."

Kontrak pintar "diaktifkan" setiap kali seseorang mengirim transaksi ke sana, pada saat mana kode tersebut menjalankan kodenya, memodifikasi keadaan internal, atau bahkan mengirim transaksi dan menutup.

Lalu, Fitur Apa Saja Sih Yang Ditawarkan Velix ID ?

Tujuan pertama Velix.ID adalah mengenalkan sistem verifikasi berbasis blockchain. Ke depan, bagaimanapun, tim ingin mengenalkan teknologi perangkat keras fisik untuk melengkapi sistem tersebut, termasuk:

1. Kartu Velix.ID
Kartu ini akan menjadi kartu identitas unik yang dikeluarkan oleh Velix.ID kepada penggunanya. Kartu tersebut akan berisi semua informasi pengguna dalam format terenkripsi beserta nomor Velix.ID pengguna yang unik. Kartu tersebut dapat dibagi oleh pengguna dengan organisasi manapun yang menerima Velix.ID untuk verifikasi seperti check-in hotel dan terminal bandara.

2. Pembaca Velix.ID
The Velix.ID Reader adalah perangkat komunikasi lapangan dekat (NFC) yang dapat dipasang di tempat manapun yang memerlukan batasan masuk. Perangkat ini dapat digunakan untuk memberikan akses ke suatu daerah setelah seseorang memindai Kartu Velix.ID-nya.

3. Velix.ID SDK
Perangkat pengembangan perangkat lunak Velix.ID akan memungkinkan produsen pihak ketiga menerapkan sistem verifikasi Velix.ID ke platform yang ada. Velix.ID dapat dipasang pada perangkat berkemampuan NFC - seperti ponsel cerdas, misalnya.

Kesimpulan

Velix ID adalah sistem verifikasi cerdas yang dibangun di blockchain. Tim membayangkan masa depan di mana Anda dapat menggunakan ID Velix Anda untuk mengakses gedung perkantoran, memesan pizza secara online, atau check in ke hotel. Inti dari sistem ini terdiri dari blockchain dan kontrak pintar.
.
Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi link berikut :


===========================================================================

My profile :

ETH address :
0xA6460C4FF0A704E20148f18031d19AFA4aa0edF9

Komentar